RSS

CARA INSTAL MINDOWS XP DENGAN FLAH DISK

Biasanya kita instal ulang komputer atau laptop melalui CD/DVD room, tapi bagaimana jika kita diminta untuk menginstal sebuah net book???? (tentunya tanpa CD/DVD room external)
ok...... ada cara mudah untuk memecahkan masalah tersebut. yaitu instal windows xp melalui flask dish.

Berikut langkah - angkah pembuatan botable agar flash disk anda bisa digunakan untuk instal windows xp pada sebuah komputer.


1. Siapkan Flash Disk 1Gb atau lebih, sebuah komputer yang lengkap dengan CD/DVD room satu hal yang paling penting, komputer tersebut harus terhindar dari virus, sebuah CD/DVD windows xp alsi/ bajakan, dan yang terakhir sebuah program yang bernama Bootable USB Flash disk, silahkan download disini.

2. Setelah di download, silahkan extract folder Bootable USB Flash Disk menggunakan winrar atau winzip.

3. Setelah di Extract, buka folder hasil extract lalu nama Bootable USB Flash Disk,perhatikan gambar dibawah. Akan tampil jendela command prompt seperti gambar dibawah ini.
silahkan tekan sembarang tombol untuk melanjutkan proses.



4. Ada 3 opsi pilihan yaitu P, H dan N seperti gambar di bawah. Ketik huruf P pada command prompt lalu enter.


5. Akan tampil gambar PeToUSB seperti dibawah ini (Jendela command Promt nya jangan di close), silahkan beri nama flash disk pada kolom drive label. Langsung Klik start. Muncul jendela Pop Up "Continue?" tekan "Yes". Muncul jendela Pop Up lagi "Are You Sure You Want To Continue?" tekan "Yes". Proses format flashdisk akan berjalan. Setelah proses format flash disk selesai, Selanjutnya silahkan close jendela PeToUSB tsb.

6. Klik lagi pada jendela command prompt, tampilan gambarnya akan berubah seperti dibawah ini, dengan beberapa opsi perintah angka dan huruf. Silahkan tekan angka 1 kemudian enter untuk memilih dimana meletakkan CD windows XP, sebagai contoh DVD Rom saya letaknya di F. Pada jendela "Browse For Folder" Pilih F kemudian tekan OK.

Lalu akan muncul jendela pop up seperti gambar dibawah ini:

Tekan No, dengan tujuan agar instalasi windows xp nanti akan berjalan tanpa harus memasukkan lagi Serial number, settingan tanggal, waktu, user name, password dan sebagainya. Tahu-tahu instalasi sudah sampai pada layar welcome screen.
7. Langkah selanjutnya setelah memilih No, akan tampil beberpa jendela pop up yang harus di isi. Isi nama pada jendela Give Owner Full Name, Isi nama organisasi, Isi Serial Number Windows XP dan jangan sampai keliru, Isi nama Komputer, Isi Administrator Password atau di kosongkan, Isi format waktu misalnya untuk asia isi dengan angka 205, Isi Workgroup atau biarkan saja, terakhir klik oke.

8. klik lagi pada jendela Command Promt tadi, ketik angka 3 dan enter, selanjutnya proses copy instalasi windows XP ke USB Flashdisk, ini akan memakan waktu kurang lebih 15 menit.

9. Setelah proses copy selesai, akan muncul jendela pop up seperti dibawah ini. Klik saja Yes. Kemudian pada jendela Command Promt "Pres any key to continue...." silahkan tekan sembarang tombol lagi, jendela command prompt akan hilang dengan sendirinya. Artinya, Flash disk sudah siap dengan file-file instalasi windows xp didalamnya. Silahkan lepas USB Flash disk nya Im, selanjutnya kita akan memulai proses instalasi windows XP di NetBook yang bermasalah tadi.....



ok... sekarang kita masuk dalam tahap instal windows.
1. Laptopnya (Net Book) di matiin dulu, Ini dimaksudkan untuk menghindari flash disknya kemasukan virus dari NetBook yang bersangkutan. Setelah Mati, baru tancepin flash Disknya. Selanjutnya, hidupkan NetBook, tekan tombol Del atau F2 (tergantung tipe/BIOS Komputer, laptop, NetBook nya) untuk masuk ke menu Bios. Cari settingan untuk menentukan pilihan booting. Set USB FlashDisk untuk booting pertama. Save and exit. NetBook akan restart, kemudian akan tampil menu seperti gambar dibawah.


2. Silahkan pilih TXT Mode atau nomor 1, lalu tekan enter. Masuk ke menu instalasi Windows XP seperti biasa. Setelah Proses formatting dan copy file ke harddisk, netbook akan restart. Biarkan saja proses booting berjalan pada Menu GUI Mode no 2, jangan pilih mode TXT lagi. Sampai di sini proses instalasi akan berjalan dengan sendirinya. Bila proses instalasi telah selesai, silahkan restart dan kembalikan settingan pada BIOS, Set Hard Disk untuk booting pertama.
Selesai.................................

saya sudah pernah praktekkan cara ini dan hasilnya sangat memuaskan......

selamat mencoba semoga bermanfaat........
jangan lupa comen ya??????????????????    

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

berkata